Sejak RMT mulai melakukan kegiatan pada awal tahun 2009 ini, sebanyak 3 lokasi utama telah dilakukan survei. Hasilnya ketiga lokasi menunjukkan adanya bunga yang mekar. Menarik sekali, ternyata hampir setiap bulan adanya bunga mekar walaupun di lokasi-lokasi yang berbeda.

Sayangnya dari beberapa lokasi tersebut ada yang hampir menjadi lokasi pasif, dimana pada beberapa waktu sebelumnya pernah diketahui sebagai lokasi paling aktif. Menurut cerita masyarakat, dormannya lokasi tersebut disebabkan oleh tekanan terhadap habitat yang semakin tinggi sehingga menyebabkan ketidakberdayaan Tetrastigma dapat tumbuh sesehat yang diinginkannya. Apalagi dari beberapa cerita ternyata inangnya ini bukan lah menjadi perhatian khusus bagi masyarakat.
After bloom

Secara menyeluruh dalam waktu yang sangat singkat ini, Team telah mendapatkan gambaran sebaran jenis-jenis Rafflesia yang ada di Sumatera Barat.

Satu hal yang menarik adalah adanya temuan new record untuk satu jenis berbeda.

Dari sisi sosial, hingga saat ini masyarakat masih berniat untuk menjaganya karena telah memberikan nilai ekonomi khususnya masyarakat yang sambilannya sebagai guide. Namun kondisi ini tidak didukung oleh tingginya aktivitas pengurangan kawasan hutan sebagai habitatnya.

Gambaran awal ini semoga mampu memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi kita bersama.