From INCL Edisi 12-14b, 12 April 2009:

Bunga Rafflesia Sedang Mekar Mudah Dilihat

Nomor : S. 153 /PIK-1/2009
Dephut, 06 April 2009

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang didominasi oleh formasi hutan hujan tropika dataran rendah dan pegunungan merupakan habitat dari salah satu jenis flora langka yaitu Rafflesia arnoldi. Jenis flora ini mudah dijumpai dalam kawasan TNBBS daerah Sukaraja, Register 22 B Kubu Nicik, BPTN Wilayah I Semaka.  Februari hingga Juli merupakan bulan-bulan dimana pengunjung TNBBS dapat melihat secara langsung keindahan dari tumbuhan unik yang bunganya berukuran besar ini.

Rafflesia arnoldi atau yang biasa dikenal dengan sebutan bunga patma merupakan tumbuhan holoparasit yang tumbuh pada batang Tetrastigma leucostaphyllum. Keberadaan bunga ini ditandai dengan munculnya kuncup bunga yang menyerupai kol atau biasa dikenal dengan istilah knop. Mengingat keunikan dan kelangkaannya, tumbuhan ini dijadikan simbol kepedulian pemerintah dalam melestarikan tumbuhan langka yang salah satu habitatnya adalah kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Keistimewaan bunga ini yang bermekaraan di kawasan TNBBS adalah adanya bunga yang tumbuh dan mekar pada batang liana di atas tanah 3-4 m. Kerusakan habitat tempat tumbuhnya sangat berpengaruh terhadap keberadaan dan kehidupan bunga yang termasuk dalam suku Rafflesiacea ini. untuk itu, maka pihak pengelola TNBBS maupun mitra kerjanya melakukan upaya-upaya pelestarian terhadap bunga yang penyebarannya sangat terbatas ini melalui perlindungan dan pengamanan habitat.

Jakarta, 6  April 2009
Kepala Pusat Informasi Kehutanan
ttd M a s y h u d
NIP. 080062808