Rafflesia arnoldii R. Br. MEKAR DI HALAMAN RUMAH

HA. Kiswanto & PA/Natura Conservanda
Naturae, Padang, 01 Agustus 2010

“Akhirnya apa yang saya lakukan seperti yang dilakukan para peneliti, sekarang berhasil dengan mekarnya Rafflesia yang saya tanam sendiri. Walaupun itu membutuhkan waktu yang sangat lama” begitu kata Pemiliknya yang sudah bertahun-tahun hidup bersama Rafflesia di daerahnya.

Rafflesia arnoldi
Gambar 1. Rafflesia arnoldi mekar di halaman rumah

Setelah keberhasilan mekarnya bunga Rafflesia patma di Kebun Raya Bogor (KRB) pada awal bulan Juni 2010 dan pertengahan bulan Juli 2010 lalu. Pada hari Kamis tanggal 29 Juli kemaren di Nagari Koto Rantang Kec. Palupuh Kab. Agam juga diketahui berhasil mekar bunga terbesar di dunia, yaitu bunga Rafflesia arnoldii R. Br. Bunga tersebut mekar secara sempurnadi halaman rumah salah seorang penduduk.
Menurut pemilik rumah tersebut, “Rafflesia tersebut sudah ditanam melalui proses injeksi pada inangnya Tetrastigma lebih kurang tiga tahun yang lalu. Ini merupakan bunga pertama yang berhasil mekar secara sempurna.”

Rafflesia arnoldi
Gambar 2. Posisi Rafflesia arnoldi yang mekar di halaman rumah dan dinaungi oleh tumbuhan inangnya

Berdasarkan pengamatan RMT – Natura Conservanda, sebanyak 39 orang turis asing telah menikmati mekarnya bunga yang berada di pinggir kolam tersebut. Kedatangan turis asing tersebut terbagi atas dua rombongan.
Sebagai daerah yang terkenal dengan Cagar Alam Batang Palupuh yang diperuntukkan bagi pelestarian Rafflesia, daerah ini juga telah menjadi daerah tujuan wisata yang penting bagi para pelancong dan turis asing.

QNSe0730-7944
Gambar 3. Rafflesia arnoldi R. Br. mekar juga setelah menunggu waktu yang lama dengan sangat sempurna

Sehingga dengan mekarnya Rafflesia di halaman rumah penduduk ini, akan lebih menambah nilai tersendiri bagi daerah ini. Apalagi informasi ini juga menjadi informasi yang paling berharga dalam dunia ilmu pengetahuan terutama dalam pelestarian Rafflesia yang selama ini sangat sulit untuk di ex-situkan. (HAK&PA).