Bunga Rafflesia Mekar di Kawasan Hutan Mukomuko
Sumber : Antara News, 9 Agustus 2011
Mukomuko, Bengkulu

Bunga Rafflesia arnoldi mekar dalam kawasan hutan tepatnya berada di Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. “Kami menemukan bunga Rafflesia arnoldi pada Minggu (7/8) pukul 15.30 WIB saat sedang memasang perangkap burung,” kata Yakub di Mukomuko, Selasa. Yakub mengatakan, warga yang pertama kali menemukan bunga Rafflesia arnoldi itu adalah Nur Arifin (30). Saat pertama kali ditemukan oleh sejumlah warga desa itu, lanjutnya, tidak ada hal yang istimewa karena tidak tahu yang ditemukan merupakan bunga Rafflesia arnoldi.

Tetapi setelah diabadikan menggunakan kamera telepon genggam dan di bawa pulang ke desa untuk diperlihatkan kepada warga lain, akhirnya mereka yakin bunga besar itu merupakan Rafflesia arnoldi. Setelah yakin bunga yang ditemukan itu merupakan Rafflesia arnoldi, selanjutnya Dan Ramil Kecamatan Ipuh, Kapten Inf Edi Prayitno melalui Bakor Malin Deman Serka Yakup Suseno, bersama-sama dengan warga melihat secara langsung lokasi penemuan itu. Di lokasi penemuan bunga Rafflesia arnoldi ditemukan banyak sekali bonggol bunga itu. Bahkan mekarfnya bunga Rafflesia arnoldi di kawasan hutan daerah itu bukan untuk pertama kali.

“Sebelumnya sudah ada bunga Rafflesia yang mekar denga ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran sekarang karena ditemukan sisa bunga yang telah membusuk,” kata Yakub. Kepala Desa Tanjung Jaya M. Yusak mengatakan masih ada satu bunga Rafflesia arnoldi yang akan mekar di lokasi yang sama. Menrut Yusak lokasi penemuan bunga langka tersebut cukup curam dengan kemiringan berkisar 70 derajat. Untuk sementara ini bunga Raflesia yang baru mekar hanya satu berukuran sekitar 60 centimeter dengan tinggi 20 centimeter dengan warga warna merah muda pucat. Sedangkan satu bunga lagi diperkirakan bakal mekar dalam waktu dekat ini. Selain itu juga masih banyak puluhan bonggol bunga Rafflesia dilokasi tersebut.

catatan oleh Natura Tropicae:
penulisan nama ilmiah untuk Rafflesia arnoldi sudah dibenarkan