Spesies ular langka ditemukan di Bukit Barisan Selatan

WWF, 3 November 2011

Kabar menggembirakan datang dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung! Peneliti Senior WWF-Indonesia, Ridwan Setiawan – yang lebih dikenal dengan Iwan Podol – menemukan jenis ular langka yaitu Sumatran pitviper atau Sumatran tree viper (Trimeresurus sumatranus). Sebaran habitatnya dari daratan dan kepulauan Sumatera seperti Mentawai dan Nias, Borneo, sampai ke semenanjung Malaysia hingga Thailand.

Sumatran pitviper merupakan ular derik berbisa ini mempunyai corak yang tidak biasa: berdasar dominan abu-abu dengan bintik kuning kehijauan juga mempunyai ekor berwarna kemerahan. Ular jenis ini sudah jarang ditemukan. Biasanya ular ini hibernasi (tidur) di cabang pepohonan. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) merupakan habitat yang cocok untuk Sumatran pitviper karena temperaturnya yang lembab dan beragam satwa mangsa. Selain Sumatran pitviper, TNBBS merupakan habitat alami dari harimau, badak dan gajah Sumatera.

Kingdom: Animalia Phylum: Chordata Subphylum: Vertebrata Class: Reptilia Order: Squamata Suborder: Serpentes Family: Viperidae Subfamily: Crotalinae Genus: Trimeresurus Species: T. sumatranus

sumber: INCL Edisi 14-43b, 7 November 2011