Bupati Kerinci Kukuhkan Dua Hutan Adat

Sumber : Antara News, 1 Desember 2011
Jambi

Bupati Kerinci H Murasman mengukuhkan dua hutan adat di dua desa di kabupaten paling barat Provinsi Jambi tersebut. Ada dua hutan adat yang telah dikukuhkan bupati yang berlokasi di dua kawasan, pengukuhan dilakukan pada Minggu (28/11), kata Kabag Humas Pemkab Kerinci Azmal Pahdi, di Kerinci, Kamis. Kedua hutan adat desa tersebut merupakan hutan adat Bukit Tinggi di Desa Sungai Deras Kecamatan Air Hangat Timur dan hutan adat Bukit Sembayang Padun Gelanggang di Desa Air Terjun Kecamatan Siulak. Pengukuhan tersebut ditandai dengan penanda tanganan prasasti oleh bupati dan penanaman bibit pohon penghijauan bantuan pemerintah untuk kedua hutan adat tersebut.

Selanjutnya, sesuai statusnya sebagai huan adat desa, pengelolaannya akan dilakukan oleh masayrakat dan pemerintah desa dengan sistem hukum adat masyarakat setempat dalam menjaga kelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam di dalamnya, ujar Azmal. Kabupaten Kerinci yang berada di tengah-tengah Bukit Barisan dan menjadi bagian utama dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) memang memperlukan sistem tata kelola sumber daya alam yang efektif untuk digunakan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TNKS sangat memerlukan keberadaan hutan penyangga guna menjaga kelestariannya, dan sistem hutan adat adalah salah satu yang dinilai akan sangat efektif.

“Tak dapat dipungkiri keberadaan TNKS selama ini sangat sering menjadi kendala masyarakat dalam melakukan pengembangan pengolahan alam, sementara di sisi lain mata pencaharian utama masyarakat setempat adalah pertanian,” ujarnya. Dikarenakan kondisi terkungkung itulah, saat ini banyak warga Kerinci yang rela beralih jadi tenaga kerja ke Malaysia. Walau tidak dapat menjadi sumber mata pencaharian utama setiap individu masyarakat, keberadaan hutan adat diharapkan akan menjadikan sumber daya alam lebih lestari, tambah Kabag Humas.