Rafflesia arnoldi Kembali Mekar di Kawasan Cagar Alam Batang Palupuh Bukittinggi

Naturae, Minangkabau – 20 Mei 2012

Masih ingatkah kita dengan Bunga Bangkai? Yach, Bunga Bangkai yang berbau busuk dan menurut mitosnya menjadi tumbuhan pemakan daging yang biasa disebut Bunga Rafflesia dan di Jawa sering disebut Bunga Patma ini kembali mekar di dalam Kawasan Cagar Alam Batang Palupuh. Berdasarkan catatan dari Rafflesia Monitoring Team (RMT) Padang, kawasan ini termasuk salah satu kawasan paling aktif dalam hal mekarnya Bunga Rafflesia tersebut. Bunga Rafflesia yang mekar tersebut berdasarkan nama Latinnya adalah Rafflesia arnoldi. Rafflesia arnoldi yang selanjutnya ditulis R. arnoldi yang mekar ini sejenis dengan R. arnoldi yang menjadi ikonnya Bengkulu dan merupakan Bunga Terbesar yang ada di muka bumi.

Pada hari ini (20/5) juga telah berhasil mekar bunga Rafflesia arnoldi di dalam kawasan CA Batang Palupuh. Menurut salah seorang warga Nagari Koto Rantang yang selama ini menjadi Pemerhati Bunga tersebut, “Bunga Rafflesia ini ditemukan mekar di dalam Kawasan Cagar Alam dan diperkirakan akan mekar hingga tanggal 28 Mei nanti. Jadi bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin melihat mekarnya bunga Rafflesia arnoldi ini silahkan datang dan berkunjung ke Nagari kami ini. Kami dengan senang hati menemani para pengunjung untuk menunjukkan keberadaan bunga tersebut”.

Berdasarkan catatan dari RMT Padang, R. arnoldi juga pernah mekar di TWA Mega Mendung yang berada di kawasan CA Lembah Anai dalam rentang tahun 2000 hingga 2006. Namun pada saat ini, bunga tersebut sudah tidak ada dapat ditemukan lagi karena habitatnya sudah beralih fungsi menjadi tempat pemandian yang paling sejuk dan paling ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Selain R. arnoldi juga ditemukan adanya bunga R. gadutensis dan R. hasseltii di kawasan hutan di Sumatra Barat. Untuk R. gadutensis yang merupakan spesies endemik di Pulau Sumatra dan termasuk spesies yang rentan terhadap kunjungan manusia yang tersebar di bagian barat Bukit Barisan. Sedangkan R. hasseltii yang lokasi ditemukannya pertama kali ketika pemberian namanya di kawasan hutan di wilayah Solok Selatan memiliki sebaran yang lebih luas dibandingkan R. gadutensis. R. haseltii ini pernah ditemukan di kawasan hutan bagian timur Sumatra Barat dan wilayah TN Kerinci Seblat (TNKS) serta kawasan TN Bukit Tigapuluh (TNBT) di Riau. (qt)

Species Gallery:

Rafflesia arnoldi R. Brown
Rafflesia arnoldi yang pernah mekar di kawasan hutan Batang Palupuh”

Rafflesia gadutensis W. Meijer
Rafflesia gadutensis yang pernah mekar di Sumatra Barat pada tahun 2004″

Rafflesia hasseltii Suringar
Rafflesia hasseltii yang pernah mekar di kawasan hutan di Sumatra Barat”

Advertisements