KUK_AUT_KCA-LH Rafflesia 2012

KULIAH UMUM KONSERVASI, DISKUSI MENGENAI USAHA-USAHA PELESTARIAN ALAM BAGI PEMUDA DAN MAHASISWA DI SUMATERA BARAT
Padang, 17 November 2012

Dalam upaya memperingati Tahun Baru 1434 Hijriyah dan dalam rangkaian Kegiatan Memperingati Ulang Tahun yang ke-32, KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa di di Fakultas MIPA yang berbasis Ilmu-Ilmu Sains mengadakan Kegiatan Andalas University Treasure dengan Tema Kenali, Manfaatkan dan Lestarikan. Dalam kegiatan ini berbagai acara-acara yang berlandaskan Konservasi Alam telah mengisi rangkaian-rangkaian kegiatan tersebut. Dimulai dari Tiup Lilin Ulang Tahun pada tanggal 28 Oktober 2012, kemudian Bazar di Kampus FMIPA UNAND dengan konsep Outdoor dan Outbound yang berlangsung selama 2 minggu.

Sebagai acara puncaknya, KCA-LH Rafflesia mengadakan Kuliah Umum Konservasi pada hari ini (Sabtu, 17 November 2012) di Gedung E Kampus Unand Limau Manih bagi mahasiswa, pemuda dan masyarakat umum yang diiringi dengan kegiatan lapangan Scientific Runaway. Kegiatan Kuliah Umum Konservasi tersebut menghadirkan Narasumber dari pihak-pihak yang ahli di bidang Konservasi. Sebagai tujuannya, KCA-LH Rafflesia berharap dengan adanya Kuliah Umum ini, berbagai konsep dan kebijakan serta peranan masyarakat termasuk mahasiswa dalam upaya-upaya Konservasi Alam dapat diketahui oleh Mahasiswa dan Pemuda di Sumatera Barat khususnya di Kota Padang.

Sebagai pembuka Kuliah Umum ini, narasumber dari BKSDA Sumbar, Bapak Khairi, menjabarkan Konsep-Konsep Dasar dan Kebijakan-Kebijakan dalam Usaha-Usaha Konservasi Alam di Indonesia. Narasumber berikutnya yaitu KKI WARSI, Bapak Rainal Daus, yang menjabarkan Peranan Masyarakat dalam Upaya-Upaya Konservasi Alam dan Manfaat dari Usaha-Usaha Konservasi tersebut bagi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dengan konsep Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat. Selanjutnya narasumber dari FFI Indonesia, Bapak Yoan Dinata, menyampaikan Peranan Non-Government Organization (NGO) di Indonesia dalam Konservasi Alam serta jenis-jenis Flora Fauna penting di Sumatera Barat.

Pada sesi siangnya, Kuliah Umum dilanjutkan dengan Diskusi mengenai Keberadaan Kebun Raya Universitas Andalas sebagai salah satu Usaha-Usaha Konservasi Ex-Situ dan penyelamatan Sumber Daya Genetik di Pulau Sumatera yang disampaikan oleh Bapak Prof. Amri Bachtiar dari Kebun Raya Unand. Sebagai penutup dari Kuliah Umum ini, Heru Handika yang menjadi Narasumber dari KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND sendiri menyampaikan Peranan dan Gerakan Mahasiswa dalam Usaha-Usaha Konservasi Alam.

Sebagai tindak lanjut dari Kegiatan ini pada esok hari (Minggu, 18 November 2012), KCA-LH Rafflesia mengadakan Scientific Runaway. Scientific Runaway ini merupakan sebuah kegiatan Pengenalan Kebun Raya Unand bagi masyarakat khususnya Mahasiswa dan telah menjadi kegiatan tahunan sebagai rangkaian Peringatan Ulang Tahun KCA-LH Rafflesia. (327)

——————
Source: Blog KCA-LH Rafflesia FMIPA UNAND