Menteri Kehutanan Siapkan Moratorium Alih Fungsi Lahan Pertanian

Damar Fery Ardian/KBR68H – Friday, 14 December 2012 20:03

KBR68H, Jakarta – Kementerian Pertanian tengah menyiapkan kebijakan moratorium atau penghentian sementara alih fungsi lahan pertanian untuk non-pertanian. Menteri Pertanian, Suswono mengatakan, moratorium itu diperlukan untuk menjaga lahan pertanian produktif. Pasalnya, pengalihan lahan pertanian kerap dilakukan Pemerintah Daerah hingga saat ini. Ketentuan moratorium alih fungsi lahan pertanian akan dikeluarkan melalui Instruksi Presiden dan diharapkan bisa dikeluarkan tahun depan.

“Kami sendiri sedang menyiapakan usulan untuk perlunya moratorium konversi lahan. Kami berharap kalau bisa sampai tiga tahun. Karena menunggu (Perda) tata ruang ini tidak selsai-selesai. Sementara konversi lahan terus menerus. Betapun produktifitas ditingkatkan tetapi kalau lahannya tidak ada, kan sama saja. (Usulannya dalam bentuk?) Kami berharap ada Inpres. Karena terus terang saja kita miris karena begitu mudahnya mengkonversi dan juga saya khawatirkan daerah-daerah yang sudah menetapkan lahan pangan berkelanjutan melalui Perda ternyata apa yang terjadi mereka hanya melihat untuk kebutuhan,”jelasnya.

Kementerian Pertanian menilai pengalihan fungsi lahan pertanian pangan saat ini sudah sangat memprihatinkan. Di Jawa, banyak lahan pertanian beralih fungsi menjadi lahan industri atau perumahan, sedangkan di Sumatera lahan pertanian berubah menjadi kebun kepala sawit. Pemerintah khawatir alih fungsi semacam itu menghambat target produksi beras nasional.

source: KBR68H.com