Bunga Rafflesia Mekar di Hutan Bengkulu
Media Indonesia, 09 Maret 2011
Bengkulu

Bunga Rafflesia arnoldi mulai mekar di dalam kawasan Hutan Lindung Rindu Hati register 5 Desa Tebat Monok, Kecamatan Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu.

“Kami menemukan Rabu (9/3) pagi dan kini mulai mekar dengan , kelopak bunga yang sudah membuka tapi belum sempurna,” kata Ketua Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok, Holidin di Bengkulu, Rabu (9/3).

Bunga langka yang mulai mekar tersebut ditemukan Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok yang kini mulai melakukan pemagaran untuk melindungi dari satwa liar dan gangguan manusia. Ia mengatakan bunga tersebut sudah diberi pagar dan pihaknya mendirikan pos penjagaan sebab rawan terhadap pencurian.

Anggota kelompok itu juga sudah membuat papan bertuliskan “bunga raflesia mekar” di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang. “Kami sudah mendirikan tenda dan mulai melakukan penjagaan karena tidak jarang bunga raflesia dicuri atau dicabut,” katanya.

Ia mengatakan bagi pengunjung yang ingin melihat keunikan bunga langka itu sudah bisa mendatangi lokasi yang berjarak 200 meter dari badan jalan. Pengunjung akan menghadapi medan yang sedikit berbukit dan licin, namun anggota kelompok sudah menyediakan jalan setapak untuk membantu pengunjung melihat bunga itu. “Kami sudah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung melihat bunga itu yang diperkirakan mekar sempurna dalam dua hari ini,” katanya lagi.

Holidin mengatakan dalam dua bulan terakhir, terdapat tiga bunga raflesia yang ditemukan mekar di dalam hutan lindung tersebut. Selain bunga raflesia, di kawasan itu juga sering ditemui mekarnya bunga kibut atau bunga bangkai. “Hutan lindung ini memang habitat raflesia dan bunga bangkai, jadi hampir setiap tahun ada bunga yang ditemukan mekar,” katanya. (Ant/OL-9)

Advertisements